Home / Daerah

Kamis, 2 September 2021 - 15:50 WIB

DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyerahan Raperda

RAKYATSATU.COM, MAROS – DPRD Kabupaten Maros mengadakan rapat paripurna di ruang gedung utama DPRD Kabupaten Maros dalam agenda rapat penyerahan 5 Rancangan Pengaturan Daerah (Raperda), Kamis (2/9/2021).

pada rapat yang dilangsungkan ini telah memenuhi persyaratan kehadiran para anggota dewan yakni sebanyak 25 orang dari 35 orang anggota dewan yang menduduki kursi sebagai anggota dewan.

penyerahan 5 rangkaian peraturan daerah ini memeliputi.
1.RAPBD-P Tahun Anggaran 2021.
2.Raperda Tentang Rencana Induk Pembangunan Keparawisa Daerah
3.Raperda Tentang Manajemen Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran.
4.Raperda Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Maros No 01 Tahun 2012 Tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan.
5.Raperda Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Maros No 02 Tahun 2012 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu.

Racangan peraturan daerah ini berdasar dari pasal 161 ayat (2) tentang perturan nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Dalam APBD perubahan ini banyak yang memiliki perubahan apalagi di tengah pandemi covid 19 ini,

“Dalam APBD kali ini kita banyak berfokus ke penanganan covid 19 ini bagai mana penguwatan kita di bidang kesehatan rumah sakit jadi inilah yang ada perubahan di nilai tersebut yang lainnya tinggal di sesuaikan saja”. ungkap Chaidir Syam Bupati Maros saat mengisi pembukaan rapat paripurna di gedung utama DPRD Kabupaten Maros.

Penyesuaian anggaran yang di lakukan kali ini, dikarenakan dari kondisi wabah covid19 yang dimana beberapa sektor prekonomian yang menjadi harapan pendapatan daerah di Kabupaten Maros harus menurun.

Bahkan dalam pembagian aggaran setiap instasi ini membuat terpaksa di kurangi secara merata.

“Data yang kami dapat ini untuk pengurangan ini hampir ratalah, terutama utuk oprasionalnya yang harus di sesuaikan lalu kita alihkan ke biyaya penanganan covid”, Lanjut Chaidir Syam.

Pemkab Maros memang terlihat sangat fokus dalam penanganan virus covid 19 ini. terlihat dari pengalihan anggaran yang beralih untuk penangan kesehatan masyarakat.

“untuk penambahan sangat signifikan karna ada beberapa penambahan beberapa alat, pembelian obat dan beberapa kegiatan dinas kesehatan” Tutup Chaidir.

Share :

Baca Juga

Daerah

Pertina Maros Bakal Gelar Musyawarah Kabupaten

Daerah

Usung Vaksinasi Massal, Kapolres Pangkep : Bentuk Dukungan Program Pemerintah

Daerah

Kebijakan PPKM Untuk Keselamatan Bersama

Daerah

Tekan Penyebaran Covid 19, Batalyon C Pelopor Gencar Patroli Himbau Masyarakat Taat Protkes

Daerah

Program Beasiswa Dukung Terwujudnya SDM Berdaya Saing

Daerah

Panen Bawang Merah Melimpah, Walikota Tanjungbalai : Ini Terobosan Baru

Daerah

Danyon C Brimob Berduka Cita, Ibu Kandung Direktur Raksul Tutup Usia

Daerah

Kunjungi Mako Yon C Pelopor, Ini Harapan Kepala Basarnas Sulsel