Pelepasan Kafilah, Bupati Kaswadi : Didik Generasi di Daerah, Jangan Pakai Orang Luar Untuk Dapat Prestasi

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak saat memberikan sambutan pada pelepasan Kafilah lomba STQH Tingkat Provinsi/ Foto : Pemkab Soppeng

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Didikan dan kemampuan warga asli Soppeng yang menjadi parioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng pada setiap ajang lomba.

Hal itu dikatakan Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak saat membuka acara pelepasan Kafilah Kabupaten Soppeng yang akan mengikuti STQH XXXII tingkat Provinsi Sulsel, di Kabupaten Sidrap, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Rabu (2/6/2021).

Dijelaskan Kaswadi, STQH adalah merupakan suatu moment penting, maka dari itu dia tekanakan bahwa dalam setiap lomba, apalagi lomba-lomba atau penilaian itu sering sarat dengan kepentingan-kepentingan.

“Parioritas kita di Soppeng adalah warga masyarakat Soppeng itu sendiri yang harus kita bina serta kita didik agar mempunyai kemampuan yang baik, untuk itu kita harus memanfaatkan generasi di daerah kita tanpa perlu mengajak orang dari luar untuk mencapai suatu prestasi, karena tidak ada gunanya dan tidak ada manfaatnya,” kata Kaswadi.

Metode dengan menggunakan orang luar daerah untuk mendapatkan prestasi kata dia, justru merusak tatanan yang ada kemudian membuat generasi-generasi kita yang ada di Soppeng ini bisa jadi apatis.

“Saya harapkan kegiatan yang akan kita laksanakan ini dapat menghasilkan juara, tapi bukan berarti menghalalkan segala cara, yang kita butuh itu halal dan berkah, buat apa juara kalau tidak ada berkah didalamnya,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Soppeng juga memberikan motivasi agar kepercayaan diri tetap tumbuh saat sedang berlomba. Tak Lupa juga ia sampaikan seluruhnya untuk memperhatikan protokol kesehatan saat sedang berinteraksi di lokasi arena perlombaan.

Sekedar diketahui, Kabupaten Soppeng mengutus 16 orang kafilah yang akan mengkuti 3 lomba dari 4 cabag yang diperlombakan. Ketiga cabang yang di ikuti yaitu Tilawah Qur’an, hifzil Qur’an dan hapalan hadist nabi.