Home / Sinjai

Rabu, 2 Maret 2022 - 14:00 WIB

Pemkab Sinjai Bakal Kembali Hadirkan RS Tipe D

 Bupati Sinjai Andi Seto Asapa

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kembali akan menghadirkan satu unit rumah sakit bertipe D atau Pratama di Kabupaten Sinjai setelah rumah sakit yang sama rampung di Kecamatan Sinjai Selatan.

Rumah sakit Pratama ini ditempatkan di Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat yakni di Puskesmas Manipi yang akan dinaikkan statusnya menjadi rumah sakit Pratama.

Menurut Bupati ASA, kehadiran rumah sakit Pratama kelak di daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa itu dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Apalagi menghadirkan rumah sakit Pratama di wilayah tersebut merupakan salah satu program unggulan di bidang kesehatan dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).

“Mudah-mudahan kehadirannya nanti akan sangat bermanfaat, mendekatkan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Jadi warga tidak lagi jauh ke kota untuk menjalani perawatan,” kata Bupati ASA.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini memohon doa dan dukungan masyarakat agar peralihan status Puskesmas Manipi menjadi rumah sakit Pratama lancar agar janjinya segera diwujudkan.

“Mohon doa seluruh masyarakat Sinjai, semoga berjalan lancar dan tanpa kendala,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib membeberkan rencana peralihan status Puskesmas menjadi Rumah Sakit Pratama memang sementara digenjot.

Untuk tahap awal peralihan status kata dia, telah dimulai sejak tahun 2021 lalu dengan mengalokasikan anggaran pembangunan sarana dan prasarana sebesar Rp 5 Miliar lebih.

Khusus tahun 2022 ini, Pemkab Sinjai kembali menganggarkan sebesar Rp 3,8 Miliar lebih, ditambah anggaran penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan Puskesmas dan sistem informasi kesehatan senilai Rp820juta lebih.

“Pak Bupati berharap bahwa Puskesmas Manipi tahun depan kita akan maksimalkan lagi baik bangunan, sarana dan prasarananya, terutama SDMnya sehingga tahun depan kita bisa tingkatkan status Puskesmas menjadi Rumah sakit tipe D atau Pratama,” ungkap Irwan dalam Musrenbang RKPD 2023 di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Barat, Selasa (1/3/2022).

BACA JUGA :  Begini Komitmen Pemkab Wajo Wujudkan Pemerintah yang Amanah

Menurut Irwan, sebenarnya Pemkab Sinjai sangat menginginkan pembangunan gedung baru beserta peralatannya (Alkesnya) sama dengan Rumah Sakit Pratama di Sinjai Selatan, namun untuk kembali mendapatkan bantuan pembangunan RS Pratama dari pusat, lokasi yang ditunjuk minimal mempunyai luas tanah 1 hektare.

“Sudah kita usahakan tapi kita khawatir kita tidak punya lahan seluas itu makanya kita mengambil solusi memperbaiki sarana yang ada. Ini juga sesuai janji pak Bupati untuk menghadirkan Rumah sakit Pratama di Sinjai Selatan dan Sinjai Barat dan tertuang dalam visi misi Pemkab Sinjai,” jelasnya.

Sekadar diketahui hingga tahun keempat kepemimpinannya, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) telah menghadirkan rumah sakit Pratama di Kecamatan Sinjai Selatan. Kini pemanfaatan rumah sakit yang terletak di Bulupaccing Desa Alenangka tersebut dalam pengurusan izin operasional. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Sinjai

Sekolah di Sinjai Mulai Terima Peserta Didik Baru

Advertorial

Sinjai Launching DASHAT, Harap Dapat Tingkatkan Kualitas Gizi

Daerah

TGUPP Lakukan Kunjungan di Sinjai, Pantau Persiapan Porprov Sulsel

Sinjai

PRC Satpol PP Sinjai Diturunkan Tertibkan Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalan

Sinjai

Kepala dan Perangkat Desa di Sinjai Ikuti Program JKN-KIS

Sinjai

Sekda Sinjai Hadiri Pelaksanaan Wisuda Santriwati Ponpes Al Markas Al Islamy Darul Istiqamah

Sinjai

Pemkab Sinjai Bentuk Tim OPD Untuk Percepatan Vaksinasi

Sinjai

Puluhan Miliar Disiapkan Pemerintah Sinjai Untuk Pembangunan di Pulau Sembilan