Keluarga Besar HF-VHF TANABONE Tiba di Cina, Bantu Korban Lumpuh

Keluarga besar HF-VHF TANABONE saat menyerahkan bantuan ke Syamsu Alam

RAKYATSATU.COM, BONE – Keluarga besar HF-VHF TANABONE yang bermarkas di Jalan Andi Massakkirang kompleks perumahan Rizqa Aulia Permai No 31 Watampone, melakukan misi kemanusiaan terhadap korban lumpuh di Lomping Desa Abbumpungeng Kecamatan Cina Kabupaten Bone, Syamsu Alam.

Bantuan kemanusiaan keluarga besar HF-VHF TANABONE diberikan ke Syamsu Alam pada Senin (01/02/2021) sore kemarin di rumah Syamsu Alam.

Salah seorang keluarga besar HF-VHF TANABONE, H Mansur Harun (YB8CMK), menjelaskan bahwa Syamsu Alam merupakan korban kecelakaan lalulintas beberapa bulan lalu dan saat ini kondisinya lumpuh serta ada luka di kakinya.

“Syamsu Alam sudah mengalami lumpuh sekira 7 tahun dan mengalami kecelakaan lalu lintas beberapa bulan lalu yang menyebabkan luka di kaki, semoga bantuan dari teman-teman keluarga besar HF-VHF TANABONE dapat meringankan beban korban,” ujar H Mansur Harun ke Rakyatsatu.com.

“Saat ini anggota keluarga besar HF-VHF TANABONE sudah sekira 40 orang dan semuanya memiliki callsign dan stasiun Radio Amatir HF dan VHF,” ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, VHF (Very high frequency atau frekuensi sangat tinggi) adalah frekuensi radio yang berkisar dari 30 MHz ke 300 MHz. Frekuensi langsung di bawah VHF ditandai frekuensi tinggi (HF), dan frekuensi yang lebih tinggi berikutnya dikenal sebagai frekuensi ultra tinggi (UHF). alokasi frekuensi ini ditetapkan oleh ITU.

Penamaan tersebut mengacu pada penggunaan frekuensi tingkat tinggi berasal dari pertengahan abad ke-20, ketika layanan radio biasa digunakan MF, Frekuensi Medium, lebih dikenal sebagai “AM” di Amerika Serikat, di bawah HF. Saat ini VHF berada di urutan terbawah frekuensi penggunaan praktis, sistem baru cenderung menggunakan frekuensi dalam SHF dan EHF di atas jangkauan UHF.

Pada umumnya yang menggunakan VHF adalah siaran radio FM, siaran televisi, pemancar telepon genggam darat (darurat, bisnis, dan militer), komunikasi data jarak jauh dengan modem radio, Radio Amatir, komunikasi laut, komunikasi kendali lalu lintas udara dan sistem navigasi udara (misalnya VOR, DME & ILS).