Home / Ekobis

Sabtu, 2 Januari 2021 - 05:08 WIB

Iuran BPJS Kesehatan di Tengah Pandemi Naik, Ekonom Nilai Tidak Tepat

RAKYATSATU.COM, JAKARTA – Ekonom menilai kenaikan iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) di awal 2021 ini bukan keputusan yang tepat. Alasannya, masyarakat kelas menengah tengah menghadapi tekanan yang berat sebagai dampak dari pandemi covid-19.

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah menjelaskan, keputusan pemerintah untuk menaikkan iuran program jaminan kesehatan nasional BPJS Kesehatan bagi peserta kelas III mulai 1 Januari 2021 tidak tepat. Sebab, di masa kedaruratan kesehatan akibat Covid-19 ini, pendapatan masyarakat tengah mengalami tekanan hebat.

“Kenaikan ini memang dibutuhkan untuk menutup defisit yang dialami BPJS kesehatan. Tapi saat ini saya kira tidak tepat karena di tengah pandemi yang berdampak sangat signifikan terhadap income masyarakat, khususnya Masyarakat kelompok bawah,” tegas dia saat dihubungi Merdeka.com, Jumat (01/01/2021).

Untuk itu, Piter meminta pemerintah lebih kreatif dalam mencari solusi untuk menutup defisit yang dialami BPJS Kesehatan. Mengingat masih banyak sejumlah kebijakan alternatif yang bisa di tempuh pemerintah untuk kembali menyehatkan defisit BPJS Kesehatan.

“Upaya-upaya lainnya yang bisa ditutup oleh pemerintah, seperti peningkatan kedisiplinan masyarakat membayar iuran hingga perbaikan efisiensi pelayanan kesehatan oleh rumah sakit,” ujar dia mengakhiri.

Baca Selengkapnya

Share :

Baca Juga

Ekobis

Hari ini, Harga Emas Antam Kembali Meningkat

Ekobis

OJK Nilai Kebijakan Vaksin Gratis Tambah Kepercayaan Pasar Modal

Ekobis

Optimalisasi Pendapatan, Bandara Hasanuddin Bakal Lakukan Perluasan dan Pembangunan Cargo Village  

Ekobis

Harga Minyak Jatuh, Opec Sepakat Batasi Produksi

Ekobis

Tiga Negara Ini Jadi Tujuan Ekspor Edamame Beku Austindo

Ekobis

FIFGROUP FEST Hadir di Jawa Barat, Tawarkan Promo Fantastis

Ekobis

Generali Hadirkan Akuberbagi.com, Konsep Wakaf Yang Terjangkau

Ekobis

Tindak Lanjuti Surat Edaran Pemerintah, MaRI dan Nipah Mall Kembali Berlakukan Jam Operasional