Home / Makassar

Rabu, 1 Desember 2021 - 21:38 WIB

Dua Terduga Teroris Jaringan JI Diamankan Densus 88

RAKYATSATU.COM, MAKASSAR – Tim Detasen Khusus (Densus) 88, berhasil meringkus dua terduga  pelaku tindak pidana teroris yang sudah sejak tahun 2003 bergabung pada organisasi Jamaah Islamiyah (JI), di wilayah hukum Polda Sulawesi Selatan.

Upayah penangkapan teroris yang berhasil dilakukan pihak Densus 88 Mabes Polri ini, berhasil mengamankan dua tersangka yakni inisial NU dan MM, kedua tersangka merupakan warga Kabupaten Luwu Timur.

Kedua tersangka teroris diamankan pada hari yang berbeda, pelaku Teroris dengan inisial NU berhasil diamankan pada Rabu (24/11/2021) lalu di wilayah Luwu Timur. Sedangkan tersangka Teroris dengan inisial MM baru berhasil diamankan pada Jumat (26/11/2021).

Plt Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ade Indrawan mengatakan, tersangka NU dan MM ini merupakan Toliyah atau fasilitator di organisasi JI, yang merupakan bawahan dari Tersangka HP yang sudah lama diamankan.

Barang Bukti diamankan Densus 88 pada penangkapan dugaan jaringan Jamaah Islamiyah

“Dalam struktur Jamaah Islamiyah, kelompok Toliyah berfungsi sebagai penyedia serta menfasilitasi tempat pertemuan parah Jamaah Islamiyah se–Sulawesi Selatan,” jelas Kombes Pol Ade Indrawan dalam jumpa persnya, Rabu (1/12/2021).

Selain itu, menurut Plt Kabid Humas Polda Sulsel, kelompok Toliyah ini juga bertugas sebagai penyedia tempat penyimpanan gudang senjata ilegal milik anggota Jamaah Islamiyah (JI).

“Tidak hanya menyediakan serta menfasilitasi tempat pertemua parah Jamaah Islamiyah (JI), Kelompok Toliyah juga menyediakan tempat penyimpanan senjata ilegal milik anggota Jamaah Islamiyah (JI) se-Sulawesi,” terangnya.

Masih kata dia, kelompok teroris ini pernah memiliki niat untuk menyerang dan melawan aparat negara. “Kelompok ini dibentuk untuk melawan aparat negara namun terkendala akibat kekurangan amunisi logistik senjata serta jumlah jamaah yang kurang,” jelasnya.

Menurut penyidikan yang berhasil didapatkan pihak Kepolisian, sepak terjang NU dalam Jamaah Islamiyah (JI) ini sudah sangat lama dan memiliki keterlibatan banyak kasus teroris.

Dalam proses pengamanan kedua pelaku tersebut, pihak Densus 88 Mabes Polri berhasil menyita barang barang bukti di lokasi penangkapan yakni, satu pucuk senjata laras panjng m16, satu pucuk revolver,
beberapa bagian senjata m16, dua megazin pabrikan senjata m16, lima denonator, 124 butir amunisi tajam kaliber 5,56 dan beberapa butir amunisi hampa dan amunisi karet, dua pucuk senjata FN organik beserta megazinnya.

Saat ini kedua tersangka sudah dilakukan proses penyidikan dan akan dijerat dengan undang-undang yang berlaku tetang memberantasan tindak pidana teroris

Share :

Baca Juga

Makassar

Kebut Vaksin, Pemprov Sulsel Kerahkan Seribu Vaksinator

Makassar

Test Drive di Kalla Toyota, 24 Pelanggan Raih Hadiah Smartphone

Makassar

Peduli Lingkungan, PC KMHDI Makassar Tanam Bibit Pohon Mangrove

Makassar

Terima Bantuan Dana dari Pemorov Sulsel, Amran Mahmud : Untuk Program Parioritas

Kesehatan

Luncurkan Layanan Telemedicine Dokter Leo, Generali Gandeng Siloam Hospital Group

Makassar

Suksesi Program Radio Suara Bersatu, Diskominfo Sinjai Teken MoU Bareng PT Telkom

Makassar

Ikuti Kegiatan Peningkatan Kemampuan Assesor di Polda Sulsel, Ini Harapan Danyon Brimob Bone

Makassar

Satu Anggota Batalyon C Pelopor di PTDH, Ini Penyebabnya