Home / Daerah / Politik / Soppeng

Senin, 1 Agustus 2022 - 15:51 WIB

KPU Soppeng Sosialisasi Peraturan Pendaftaran Pemilu

Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi saat membuka kegiatan sosialisasi dan koordinasi tentang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 04 tahun 2022, di Aula pertemuan Kantor KPU Soppeng, Senin (1/8/2022)/ Foto : Yudha

Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi saat membuka kegiatan sosialisasi dan koordinasi tentang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 04 tahun 2022, di Aula pertemuan Kantor KPU Soppeng, Senin (1/8/2022)/ Foto : Yudha

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Soppeng, menggelar sosialisasi dan koordinasi tentang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 04 tahun 2022, di Aula pertemuan Kantor KPU Soppeng, Senin (1/8/2022).

Dalam peraturan itu, terdapat tata cara pendaftaran, waktu pendaftaran hingga syarat-syarat Partai Politik (Parpol) calon peserta pemilu.

Sosialisasi yang dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi ini, dihadiri perwakilan Partai Politik, Anggota Bawaslu Kabupaten Soppeng, Bagian Kesra Setda Soppeng, Anggota polres Soppeng dan Kejari Soppeng, dan awak media.

Dalam PKPU itu, terdapat tata cara pendaftaran, waktu pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai politik peserta pemilihan umum anggota Dewan perwakilan rakyat (DPR) dan Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD).

Sekaitan dengan itu, Ketua KPU Soppeng mengatakan, tahapan pemilu dimulai dari tanggal 1-14 Agustus 2022. Dan 8 bulan kemudian masuk untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/Walikota.

“Tentu ini membutuhkan energi, dan intinya KPU melayani dalam proses demokrasi,” kata Muhammad Hasbi.

Dia juga mengatakan, bahwa tahapan awal adalah proses pendaftaran peserta pemilu dan pemutahiran data pemilih dan setelahnya proses kampanye, pemungutan suara hingga penetapan.

Kedati masih dalam situasi Pandemi, melihat dengan Pilkada 2020 lalu, dia berharap agar situasi serupa tidak mengganggu proses-proses demokrasi.

“Kita juga harap kepada Bawaslu, agar memastikan pemilihan berjalan dengan baik dan harus benar,” terangnya.

Pada forum itu, Divisi Tekhnis KPU Soppeng, Musakkir menjelaskan alur dan tahapan di PKPU nomor 4, rincian program dan kegiatan tahapan pendaftaran dan verifikasi, alur tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai politik serta memandu sesi tanya jawab.

Sekedar diketahui, Pada pendaftaran Partai Politik hanya dilakukan satu pintu yaitu KPU RI dan untuk Kabupaten tidak ada kegiatan tersebut. [Ikhlas/Yudha]

BACA JUGA :  Peringati HUT TNI, Pandam Hasanuddin Lakukan Penanaman Jagung Hibrida di Maros

Share :

Baca Juga

Bone

30 ASN di Bone Terima Piagam Penghargaan dan SK Pensiun

Daerah

Awal Tahun, Baznas Sinjai Bakal Dirikan Klinik Kesehatan

Daerah

Perindag dan ESDM Sinjai Gelar Diklat Pembuatan Produk Olahan

Daerah

Sharing Regulasi dan Upaya Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Melalui Forum bersama Para Pemangku Kepentingan Kabupaten Sinjai

Daerah

Pemkab Asahan Peringati Tahun Baru Islam 1443 H Sekaligus Doa dan Dzikir Kebangsaan

Advertorial

Kasrem 141/Toddopuli dan Ratusan Runners Sulsel Ramaikan Event Lapatau Bone Run 2022

Daerah

Begini Cara BPJS Kesehatan Tingkatkan Kepuasan dan Derajat Kesehatan Pesertanya

Soppeng

Cerita Ayhi Produktif di Kala Pandemi, Hingga Dapat Pelanggan dari Malaysia