Warga Sinjai Datangi DPRD Sulsel, Dukung Pembangunan TAHURA

Warga Sinjai Datangi DPRD Sulsel, Dukung Pembangunan TAHURA

RAKYATSATU.COM, MAKASSAR – Puluhan masyarakat dari Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai mendatangi Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (01/02/2021).

Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi dukungan pembangunan Bumi Perkemahan di Taman Hutan Raya (TAHURA) Abdul Latief, Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong.

Dukungan pembangunan Bumi perkemahan ini bukan tanpa alasan, sebab akses atau infrastruktur menuju TAHURA terbuka yang berdampak pada pertumbuhan perekonomian warga.

“Saya selaku masyarakat Sinjai Borong sangat mendukung. Saya juga sangat bingung dengan penolakan orang yang diluar sana, padahal itu membuka jalan untuk tumbuhnya perekonomian masyarakat”, kata Andi Arman.

Warga lainnya, Muhammad Darwis, menyuarakan hal yang sama. Bahkan Darwis mengaku sudah puluhan tahun bercocok tanam di sekitar kawasan, namun tidak memperlihatkan dampak bahaya dari TAHURA tersebut. Pengakuan Darwis, aktivitas itu sudah dilakukan dimulai dari neneknya.

“Sudah puluhan tahun saya tinggal disana, tidak ada dampak yang saya signifikan saya lihat, bahkan disekitaran situ biasa kami tanami jagung sebelum dilakukan pengerjaan bumi perkemahan,” ujar Muhammad Darwis.

“Saya juga bingung dengan orang yang menolak tersebut pak, yang katanya dari aliansi, padahal kami yang rasakan sendiri dampaknya dan kami datang disini mewakili masyarakat Sinjai Borong tanpa adanya intervensi dari siapapun,” sambungnya.

Aspirasi masyarakat Sinjai Borong ini diterima oleh Muzayyin Arif Wakil Ketua DPRD Sulsel. Ia menyambut baik kehadiran masyarakat yang mendukung pembangunan Bumi Perkemahan di TAHURA.

“Ini yang menjadi catatan bagi kami bahwa masih adanya masyarakat yang peduli terhadap lingkungannya karena biasanya yang kita ketahui masyarakat bertolak belakang tapi ini masyarakat yang mendukung, maka dari itu saya sangat mengapresiasi dan ini akan kami tindaklanjuti dan mendukung masyarakat kapanpun kami dibutuhkan,” jelasnya.

Terpisah, Anggota DPRD Sulsel, Drs Andi Muhtar Mappatoba, mengaku mengapresiasi dan merespon baik secara kelembagaan masyarakat yang datang ke DPRD Sulsel. Menurut legislator asal Sinjai ini, dirinya mendukung program pemerintah atas penataan kawasan Tahura Abdul Latief dan membantu untuk mensosialisasikan kepada pihak yang menolak pembangunan tersebut.

“Sebagai warga Sinjai saya mendukung program pemerintah karena ini akan berdampak pada kesejahteraan warga setempat, disamping itu ada perhatian Pemerintah terhadap kawasan hutan kita di Sinjai Borong,” pungkasnya dihadapan warga Sinjai Borong.

Sekadar diketahui, pembangunan dan penataan kawasan Tahura Abdul Latief, seperti adanya pembangunan bumi perkemahan tidak serta merta dilakukan tanpa ada kajian oleh Pemerintah sebelumnya. Termasuk izin pengelolaan dari Kementerian Lingkungan hidup.