Gaji Tidak Dibayar Selama 20 Bulan, Pekerja Kelapa Sawit Mengadu ke DPRD Wajo

RAKYATSATU.COM, WAJO – Sebanyak 23 pekerja di dua perusahaan kelapa sawit mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Senin (1/2/2021).

Mereka menyampaikan aspirasi, soal tidak dibayarkannya upah mereka selama 20 bulan terakhir.

Dua perusahaan kelapa sawit itu adalah PT Sumber Utama Sejahtera, yang terletak di Desa Tonralipu, Kecamatan Tanasitolo dan PT Sinar Citra Kencana, yang terletak di Desa Tajo, Kecamatan Majauleng.

Dua perusahaan yang berada di Kabupaten Wajo itu, masih dalam satu grup.

“Kami berharap, supaya dibantu pembayaran upah kami yang sudah tertunda selama 20 bulan ini dan menuntut pihak perusahaan berlaku adil dalam pembayaran gaji kami,” kata salah satu pekerja, Agus.

Para pekerja di sektor kelapa sawit di dua perusahaan yang mengatasnamakan diri Serikat Pekerja Sutra Kencana itu, juga meminta kejelasan dari perusahaan.

“Kami juga butuh kejelasan status karyawan. Hampir dua tahun kegiatan tidak berjalan, tapi tidak ada pemutusan kerja, hanya dijanji saja,” katanya.

Sementara anggota DPRD Wajo, Taqwa Gaffar mengatakan, akan menindaklanjuti aspirasi para pekerja dari Serikat Pekerja Sutra Kencana itu.

“Kita akan tindaklanjuti, kita rapat dengar pendapat dan undang semua pihak. Termasuk direksi perusahaan dan Disnaker,” kata Taqwa.