Home / Bone / Daerah

Sabtu, 1 Januari 2022 - 20:34 WIB

Demi Salurkan Bantuan, Staf Baznas Bone Terkadang Tak Pikirkan Keselamatannya

RAKYATSATU.COM, BONE – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone terus menyalurkan bantuan walaupun harus melewati jalanan terjal yang terkandung membahayakan keselamatan.

Seperti pada hari Jum’at (31/12/2021) kemarin, Baznas Kabupaten Bone yang diwakili Wakil Ketua 1 Hj Farida Hanafing, ST bersama WK 2 Dr. Hj. Hukmiah Husain, Lc., M.Ag, staf BAZNAS dan relawan Baznas Kabupaten Bone lainnya harus berjibaku dengan jalanan berliku yang membuat adrenalin terpacu dengan kencangnya.

Wakil Ketua 1 Baznas Kabupaten Bone bersama para rekannya mendatangi Wa’ Dullah, salah seorang warga di Desa Mamminasae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Rombongan Baznas Kabupaten Bone harus berjuang keras untuk menemui Wa’ Dullah. Pasalnya, selain jalanan yang memicu adrenalin, rombongan Baznas Kabupaten Bone juga tidak mengetahui secara pasti rumah keberadaan tempat tinggal Wa’ Dullah yang kali ini menjadi target sasaran bantuan Baznas.

Hj Farida Hanafing ST menjelaskan bahwa, pihaknya mengetahui kondisi kehidupan Wa’ Dullah yang sangat memperihatinkan dan butuh bantuan karena berkat informasi yang didapatkannya dari sejumah informasi.

“Akhirnya pencarian pun dilakukan untuk menindaklanjuti informasi yang kita terima tentang Wa’ Dullah,” ujar Hj Farida Hanafing ke Rakyatsatu com, Sabtu (1/1/2022).

BAZNAS Kabupaten Bone pun harus menempuh perjalanan dari Sekretariat Baznas Kabupaten Bone, di pelataran Masjid Agung Bone, Jl Ahmad Yani menuju tempat tinggal Wa’Dullah.

“Kami menyusuri jalan sempit yang hanya bisa dilalui satu kendaraan saja hingga sampai ke titik tuju yang sebenarnya bukan jalan lagi melainkan kebun jagung milik warga yang berbaik hati membolehkan Wa’ Dullah tinggal di rumah yang dibuatkan oleh warga,” jelas Hj Farida Hanafing.

WK 1 BAZNAS Kabupaten Bone Hj Farida Hanafing, ST bersama WK 2 Dr. Hj. Hukmiah Husain, Lc., M.Ag, staf BAZNAS dan relawan harus rela berjalan kaki sekitar 50 meter, menyusuri kebun jagung yang masih baru tanam.

BACA JUGA :  Brimob Bone Turun ke Lokasi Bencana Kebakaran, Gelar Aksi Sosial

Selain itu, mereka harus memberanikan diri dari anjing yang terus menggonggong di bawah rumah kecil tempat Wa’ Dullah tinggal.

“Beliau (Wa’ Dullah) sebatang kara sepeninggal istri dan anaknya. Warga sekitar kampung rupanya yang berbaik hati mengunjungi memberi bahan makanan. Kebutuhan air diperoleh dari tadahan air hujan yang dibuatkan jalur dari bambu yang langsung masuk ke drum plastik besar,” jelas Hj Farida Hanafing.

“Melihat kondisinya yang telah lumpuh, beliau memakai pakaian yang tidak dicuci. Beliau makan dengan apa yang ada saja. Nasi dengan ce’la (garam) katanya,” ujarnya lagi.

“Kami yang datang mengunjungi meneruskan amanah dari orang yang telah menunaikan zakat, infak dan sedekahnya melalui BAZNAS justru mendapat pelajaran berharga dari Wa’ Dullah tentang kesabaran dan kepasrahan Wa’Dullah yang tidak pernah menyalahkan siapapun atas nasib yang menimpanya dan tak pernah sekalipun mengeluarkan kalimat negatif tentang siapapun,” tutur Hj Farida Hanafing.

Terakhir, WK 2 BAZNAS Dr. Hj. Hukmiah mengingatkan kepada Wa’ Dullah agar tetap mendirikan shalat sebab itu wajib bagi umat Islam sesuai dengan kemampuannya.

Setelah itu Wa’ Dullah dituntun belajar berwudhu dan sholat langsung sesuai kemampuan atau kondisinya yang sudah tidak bisa lagi berdiri. Ditutup dengan dituntun berdoa menggunakan bahasa Bugis memohon ampunan dan rahmat dari Allah.

“Itulah hidup, tak ada siapapun yang mengetahui hidup kita selanjutnya. Mari tanam kebaikan, semoga dengan satu, dua kebaikan kecil yang kita lakukan bernilai ibadah di sisi Allah. Dan mari tunaikan zakat, infak serta sedekah melalui BAZNAS Kabupaten Bone. ZIS yang masuk ke BAZNAS untuk membantu kemanusiaan sampai di pelosok yang sulit dijankau,” pungkas Hj Farida Hanafing.

BACA JUGA :  Taufik Zainal Lantik JPT Pratama, Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas

Adapun bantuan yang diberikan oleh BAZNAS berupa beras, sembako, telur, sarung, sajadah, Al Qur’an, roti dan sejumlah uang.¬†[Rasul]

Share :

Baca Juga

Bone

Personel Korem 141/Tp Beserta Persit Korem 141/Tp Dapatkan Penyuluhan Hukum

Daerah

Disdukcapil Sinjai Pastikan Keaslian Dokumen yang Diterbitkan

Daerah

Tim Densus 88 Tangkap Terduga Jaringan Teroris Bom Gereja Katedral Makassar di Bone

Daerah

Penyuluh KB Terima Kendaraan Operasional, Kepala DP3AP2KB : Jangan Disalahgunakan

Daerah

Program Pemkab Sinjai Tetap Produktif di Masa Pandemi

Daerah

Andi Rio Sampaikan 4 Pilar Kebangsaan Pada Masyarakat Libureng Sekaligus Beri Sumbangan ke Masjid

Daerah

BPJS Kesehatan Cabang Watampone Gelar Pertemuan UR dan KBK

Daerah

Ditutup Kasiter, Ini Sambutan Danrem 141/Tp di Penutupan TMMD Kodim 1422/Maros